Sejarah

Cikal bakal berdirinya SD Muhammadiyah 2 Krian berawal dari ide bapak-bapak pengurus Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Bareng Krajan, Krian. Ide pendirian SD muncul ketika beberapa pengurus PRM diskusi ringan setelah menunaikan shalat tarawih pada bulan ramadhan 2013 M/1435 H. Dimotori oleh Ust. Jihad Usama dan Ust. Saifuddin Zuhri diskusi ringan kemudian berkembang menjadi diskusi hangat dan serius. Meski awalnya muncul ide untuk membangun sekolah Taman Kanak-kanak (TK ABA), namun ide mendirikan sekolah dasar ternyata memberikan semangat lebih kepada pengurus dibanding sekolah Taman Kanak-kanak.

Setahun kemudian, dengan keyakinan penuh, bangunan awal yang diperuntukkan untuk TPQ Arqom disulap menjadi bangunan permanen untuk tiga lantai. Lahan seluas 240m² yang terletak di desa Bareng Krajan ini dicoba untuk dimaksimalkan. Kendala dana yang sangat minim membuat pengurus memutar otak mewujudkan bangunan sekolah, minimal dua lokal kelas. Alhamdulillah, dengan pertolongan Allah SWT, pembangunan dua lokal kelas dapat terwujud sesuai dengan kemampuan keuangan yang ada dan bantuan dari jamaah/donatur.

Selesainya pembangunan dua lokal kelas seiring dengan perekrutan guru dan kepala sekolah. Perekrutan guru dan kepala sekolah tidaklah mudah, mengingat tidak semua orang bersedia mengabdi di sekolah yang masih dalam tahap awal perintisan. Apalagi sekolah Muhammadiyah dibangun di tengah-tengah mayoritas warga non-Muhammadiyah di mana pada masa awal keberadaannya pun menghadapi pro dan kontra. Oleh karena itu pengurus ranting merasa kesulitan untuk menemukan kader-kader Muhammadiyah di wilayah kecamatan Krian dan sekitarnya yang betul-betul bersedia mengabdi dan mewujudkan sekolah. Akhirnya, melalui proses seleksi, pengurus menetapkan tiga calon guru SD Muhammadiyah 2 Krian sebagai pemegang amanah dalam proses belajar mengajar di tahun pertama. Dari ketiga guru yang terseleksi, satu di antaranya adalah laki-laki sekaligus diberi amanah untuk memimpin sekolah yakni Nur Najman Marzuki, S.Th.I, M.A. Dua lainnya yakni Wardiyanti, S.Pd. dan Mustabsirotunikmah, S.Pd.I, diberi amanah untuk membagi ilmu dan mengajari siswa-siswi sebagai guru PAI dan Guru Kelas.

Hari sabtu, tanggal 22 Agustus 2015, adalah hari bersejarah bagi SD Muhammadiyah 2 Krian. Hari di mana sekolah resmi dibuka secara simbolis oleh Pengurus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Prof. DR. (Eng) Imam Robandi, M.T, didampingi oleh Camat Kecamatan Krian, ibu Agustin Iriani, SH. Turut hadir tamu undangan seperti Bapak Edi Susanto, M.Pd, Kepala SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, beserta para tamu undangan lainnya, baik dari pimpinan AUM maupun tamu dari kalangan guru dan pejabat pemerintahan. Kehadiran para tamu undangan memberikan kesan dan harapan tersendiri bagi pengurus dan guru SD Muhammadiyah 2 Krian. Hal ini membuktikan bahwa selama niat kita baik untuk kepentingan orang banyak maka akan banyak pula orang yang akan mendukung kita. Dukungan tidak hanya datang dari orang-orang dekat, tetapi dukungan itu juga datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dukungan yang disampaikan melalui Prof. Imam Robandi berikut ini :

Selamat untuk DM2 Krian Sidoarjo. Maju terus..salam sukses dari SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. Kami segera menyusul dengan pembangunan gedung baru.

 Kismadi
Kepala SDM Suronatan Yogyakarta

 

Selamat untuk SD Muhammadiyah 2 Krian Sidoarjo. Semoga menjadi pusat pengkaderan calon-calon pemimpin bangsa yang berkemajuan.

KH Abdul Hisyam
Ketua PDM Kab. Kebumen, Jawa Tengah

 

Selamat dan Sukses atas peresmian SDM 2 Krian, semoga semakin maju dan prestasi

Danik, Kepala SDM 1 Jember

 

Selamat dan Sukse untuk SDM 2 Krian. Semoga semakin memperkaya khasanah sekolah dasar Muhammadiyah yang berkualitas dan berkemajuan.

Ilman Shale, Wakasek SDM Suronatan, Yogyakarta

 

Selamat atas peresmian SD Muhammadiyah 2 Krian. Semoga semakin maju dan tambah barokah. Majulah muhammadiyah kita..amin

Dr. Edy Sukardi, Ketua PCM Kebayoran Baru, Jakarta

 

Selamat dan sukse untuk SDM 2 Krian. Semoga semakin memperkaya khasanah sekolah dasar Muhammadiyah yang berkualitas dan berkemajuan

Arif Rahman, Kepala SDM Gendeng, Yogyakarta

 

Selamat kepada SD Muhammadiyah 2 Krian Sidoarjo yang telah diresmikan oleh tokoh pendidikan dunia Prof. DR. Eng. Imam Robandi, M.T. semoga AUM yang maju dan mencerahkan anak bagsa.

  1. Mukhlas, M.T. Wakil Rektor I UAD Yogyakarta

 

Selamat kepada SD Muhammadiyah 2 Krian atas peresmiannya. Mari bersama-sama membangun bangsa melalui pendidikan yang berkualitas.

Ahmad Said Matondan, Kepala SDM 5 Jakarta

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yth. Kepala SD Muhammadiyah 2 Krian Sidoarjo, kami mengucapkan selamat atas peresmian kampus SDM 2 Krian, semoga semakin maju, melejit prestasinya dengan semangat tanpa batas.

Sutomo, M.Ag, Kepsek SDM Plus Salatiga