Program

Melalui visi sekolah yakni “Membentuk generasi islami, berakhlak mulia, dan berprestasi”, maka sekolah ini mencoba menganut sistem pendidikan Fullday School, dengan harapan peserta didik dapat belajar sehari penuh, tidak hanya belajar pelajaran sekolah melainkan mereka juga diberikan wadah dan waktu untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing siswa-siswi. Di samping itu, emlalui sistem Fullday School diharapkan peserta didik mendapat bimbingan yang secara kontinyu dapat dikontrol, dievaluasi dan dipertanggung jawabkan hasilnya.

Program-program sekolah yang dicanangkan dalam tahun pertama berdirinya SD Muhammadiyah 2 Krian adalah program sederhana yang dapat menstimulus peserta didik untuk mengembangkan potensinya. Diantara program-program tersebut adalah :

  1. Tahfidzul Qur’an : program ini bertujuan agar peserta didik hafal beberapa juz al-Qur’an atau seluruhnya, dan mencintainya sehingga kelak menjadi manusia yang hidup dalam naungan al-Qur’an. Mengingat SD Muhammadiyah 2 Krian bukan sekolah khusus menghafal al-Qur’an maka dalam waktu 6 tahun ditargetkan para peserta didik hafal kurang lebih 5 juz. Uniknya lagi bahwa untuk kelas 1 sampai kelas 3, metode tahfidz yang dipakai adalah Metode Gerakan Isyarat ACQ. Metode ini sangat tepat untuk anak umur 3 sampai 10 tahun. Melalui metode ini pula diharapkan agar peserta didik yang belum lancar atau belum bisa membaca al-Qur’an, dapat menghafal al-Qur’an dan memahami maknanya dengan baik.
  2. Arabic Day dan English Day : program ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan skill bahasa peserta didik. Target minimal yang dicapai paling tidak peserta didik dapat berkomunikasi melalui bahasa percakan sehari-hari dengan baik.

Selain dua program utama di tahun pertama SD Muhammadiyah 2 Krian di atas, ada juga program ekstrakurikuler sebagai penunjang dalam pengembangan skill peserta didik, diantaranya adalah:

  1. Seni Kaligrafi Islam : program ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang seni kaligrafi Islam. Untuk tahun pertama ini sementara difokuskan pada penulisan Arab yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan yang termaktub dalam kitab-kitab kaligrafi, khususnya kaligrafi Arab klasik.
  2. Eskul Renang : Program ini bertujuan untuk melatih anak untuk dapat berenang. Tidak hanya sekedar olah raga, melainkan juga sebagai bentuk pengejawantahan hadis Nabi yang menganjurkan umatnya untuk mengajarkan anak-anak mereka berkuda, panah, dan berenang.

Mudah-mudahan pada tahun kedua dan tahun-tahun berikutnya program-program unggulan dan program pendukung lainnya dapat bertambah dan berkembang seiring perkembangan zaman. SD Muhammadiyah 2 Krian akan selalu siap berlari dan melakukan akselerasi dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya yang telah lebih dulu berdiri dan telah berkembang sedemikan cepatnya. Motto sekolah di tahun pertama ini adalah “We Are Redy to Run and Accelerate”.

Selain berusaha untuk memperbaiki diri demi tercapainya beberapa target pendidikan dan program sekolah, maka SD Muhammadiyah 2 Krian mencoba untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun kegiatan-kegiatan dibawah koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD/MI se-Kabupaten Sidoarjo. Misalnya saja berpartisipasi dalam kegiatan SIEDEX  yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Lomba Kaligrafi MKKS, Lomba FAI got Talents 2015, Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR), Olimpiade ISMUBA 2015, dan Olimpiade Matematika. Dengan mengikuti berbagai macam kegiatan di luar sekolah, diharapkan SD Muhammadiyah 2 Krian yang baru lahir ini dapat belajar merangkak, berdiri dan berlari, seperti sekolah-sekolah uhammadiyah lainnya.