Memeriahkan Malam Takbir di Sekolah

Berbagai macam cara meramaikan malam takbir. Biasanya takbir keliling menjadi kegiatan tahunan, baik di saat malam iedul fitri maupun pada malam iedul adha. Umumnya takbir keliling diadakan oleh TPQ, TK Islam, SD sampai SMA, dan juga lembaga atau instansi lainnya.

Kebiasaan ini ternyata tidak dilakukan oleh siswa-siwi SD Muhammadiyah Krian. Malam ini mereka, khususnya siswa-siswi kelas, meramaikan malam Iedul Adha dengan cara berbeda. Sejak sore tadi mereka hadir di sekolah untuk mengikuti kegiatan Malam Bina Taqwa menyambut Hari Raya Iedul Adha 1439 H.

Ada beberapa agenda kegiatan malam ini dan esok hari yang sangat bermanfaat bagi siswa. Selain diwajibkan bermalam di sekolah, mereka juga wajib mengikuti setiap kegiatan yang telah disusun rapih oleh guru al-Islam. Diantaranya adalah pemberian materi tentang Iedul Adha dan Qurban, malam renungan, sholat tahajjud, sholat fardu berjamaah, sholat Ied, dan makan bersama.

Kegiatan ini hanya melibatkan kelas 4 yang terdiri dari 10 siswa dan 5 siswi. Dibimbing langsung oleh guru al-Islam, pak Maliki dan Pak Amam Fahrur, siswa dibekali dengan materi sejarah Nabi Ibrahim, pengertian Iedul Adha, dan materi lainnya yang berkaitan dengan qurban.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh pak Maliki selaku koordinator ISMUBA, kegiatan ini bertujuan agar siswa mendapatkan bekal ilmu dan pehaman mendalam mengenai tujuan berqurban dan sholat Iedul Adha.  Hal ini diamini oleh Kepala Sekolah, pak Nur, yang dalam sambutannya menyampaikan agar siswa betul-betul memanfaatkan malam ini untuk belajar tentang qurban dan sejarahnya. Selain itu, kegiatan Mabit ini juga bertujuan agar siswa memanfaatkan malam Iedul Adha sebaik-baiknya dengan melaksanakan kegiatan yang positif.

Harapan dari kepala sekolah dan semua guru mudah-mudahan kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai di sini saja, tetapi berkelanjutan di setiap tahunnya. Diharapkan pula siswa mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan yang memang ditunggu-tunggu oleh mereka.

Post Author: admin