Berlatih Upacara Bendera di MUKRIDA

Hari ini,  senin (10/9), seluruh siswa berkumpul di halaman sekolah untuk melaksanakan upacara bendera. Kegiatan ini sudah mulai rutin dilaksanakan pada tahun lalu. Meskipun sempat berhenti karena masalah teknis,  namun dihidupkan kembali karena selain menjadi anjuran pemerintah juga bertujuan untuk melatih jiwa nasionalisme siswa dan  mengajarkan mereka disiplin berbaris dengan baik dan rapi sekaligus menanamkan budi pekerti siswa

Tepat pukul 07.00 WIB, seluruh siswa berbaris sesuai kelasnya masing-masing.  Mereka dibimbing dan diarahkan oleh wali kelas dan guru lainnya. Sebagian besar siswa sudah mulai Berbaris rapih,  sebagian lain masih susah untuk diajak berbaris terutama siswa yang masih duduk di kelas 1. Hal ini merupakan pemandangan biasa mengingat Siswa kelas 1 masih tahap transisi dari taman kanak-kanak ke sekolah dasar. 

Dalam proses berlangsungnya upacara, sebagian tahapan upacara masih dipegang oleh beberapa guru,  termasuk pembawa acara. Ke depan diharapkan seluruhnya dikendalikan oleh siswa sendiri.

Kali ini yang bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Sekolah Bapak Nur Najman Marzuki. Dalam sambutannya beliau memyampaikan kepada seluruh siswa-siswi dan bapak ibu guru agar senantiasa dapat menjaga kebersihan sekolah. “Seluruh warga sekolah harus menjaga kebersihan sekolah untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita sebagai umat Islam agar selalu memperhatikan kebersihan karena merupakan sebagian daripada iman”, jelasnya dengan gamblang. 

Selain menyampaikan tentang pentingnya kebersihan,  kepala sekolah juga menyampaikan hal yang berkaitan dengan kerapihan dan kelengkapan berpakaian. Diantaranya adalah kelengkapan atribut seperti bed seragam,  topi,  dasi,  ikat pinggang,  dan lain sebagainya. Kelengkapan ini akan selalu diperiksa di setiap pelaksanaan upacara bendera. Diakhir sambutannya beliau berpesan untuk belajar dengan giat karena ujian tengah semester semakin dekat. Semua berharap mudah-mudahan seluruh siswa mendapatkan nilai yang bagus.

Post Author: Faris Puspo